Perjalanan ke kota bandung

Minggu kemaren saya mencoba berkelana lagi setiap akhir pekan. Saya jarang-jarang banget nulis cerita tentang pengalaman saya jalan2 karena pertama saya gak mau keliatan sibuk dan kedua saya gak punya hape berkamera. Alasan yang kedua tadi sangatlah tragis dimana jaman sekarang ini teman saya sudah bisa BBM-an, saya hanya bisa SMS-an. Itupun jarang banget..

niatnya sih ngelucu, tapi baru tau kalo yang dipegang ternyata bukan relief -_-


Perjalanan untuk menuju ketersesatan tersebut dimulai dari naik angkot dari depan kompleks kosan saya menuju halte TransBSD jurusan Mangga Dua. Kenapa mangga dua? entahlah.. saya sih ngasal aja ngambil jurusan. Kayaknya sih deket sama stasiun KA. Gambir.Tapi nyatanya malah deket sama statsiun KA. Kota. Halah.. ini awal perjalanan aja udah kayak gini.

Yoo wiss.. saya seperti bisa dengan muka innocence (sebutan bu guru PKN SMA Bu Sumarsih ke saya) mencle-mencle nyari2 mobil buat ke stasiun Gambir. Setelah bertapa di halte 'yang gak tau nama haltenya apaan' saya putuskan untuk naek transJakarta saja. Nanya ke mbak-mbak yang jaga di-halte Busway gimana caranya supaya bisa nyampe ke gambir. Dia ngejawab supaya saya turun dari bus deket monas aja. Saya ikutin aja sarannya.


lagi push-up, mengingatkan saya ketika masa-masa ospek masuk kuliah. Tragis.

Sambil bingung dan keringetan di dalam bus TransJKT yang ber-AC, saya pelenga-pelongo liatin ke arah luar jendela nyari tugu yang ber-tahtakan emas itu. Yess.. saya dapet. Langsung turun aja dah. Dan sialnya setelah nanya-nanya ke orang yang ditemuin, gambir itu masih jauh dari halte yang saya turun tadi. Gila.. saya terpaksa harus jalan kaki muterin kawasan monas. Kaki pegel. Alhamdulillah ketemu tuh stasiun... :)

gak tau deh ini maksudnya apaan, yang jelas pas saya balik badan ada mbak-mbak yang lagi liatin.

Baru kali ini saya masuk ke stasiun gambir, suasananya hijau-hijau banget. Mungkin karena cat-nya (bacanya cet bukan ket yang berarti kucing). Langsung aja lah ke bagian loket pembelian tiket. Mesen tiket ke bandung naek KA. parahyangan. Awalnya galau mau milih kelas bisnis atau eksekutif. Tapi dompet ngasih opininya supaya saya milih kelas bisnis. Well, apa mau dikata. Dia kadang bisa menentukan nasib seseorang.

Setelah berlama-lama ngelamun di pojokan tempat duduk stasiun, dengerin musik di iPod dan Hape sama sekali gak ada sms masuk, akhirnya kereta yang bakal nganterin saya itu udah siap. Naek aja langsung. Pertama saya bingung nyari-nyari tempat duduk karena ini pertama kalinya saya naek kereta selain kelas ekonomi. Muka bingung saya langsung berganti menjadi muka gak bingung. Wah.. mantap banget mbak-mbak yang ada di belakang saya. Cantik berkerudung. Mengingatkan ke siapa gituhh...


foto ini diambil sehabis dengerin diskusi mengenai NII di UNPAD.

Saya masih terkagum-kagum sama mbak-mbak tersebut, kereta sudah melaju dengan kencang banget. Mungkin kecepatannya sekitar 50-80km/jam. Gak cepet-cepet amatlah. Itu cuman kelebaian saya aja. Tahukah kamu apa yang paling ngenes dari naek kereta kelas bisnis/eksekutif ini? ya.. stasiun kereta kota sendiri yaitu cikampek dilewat begitu saja. Saya jadi gak sempet turun di cikampek terus pamer ke tetangga-tetangga saya yang jualan disana kalo saya lagi naek kereta parahyangan. Wkwkwk... ini beneran kampungan banget.

Sudah 1 jam saya duduk di bangku kereta. Dan mbak-mbak pramugari datang jalan bolak-balik sambil teriak nawarin makanan. Teriak-teriak begini, 'ada yang mau mesen makan!! ada yang mau mesen makan!!' Saya sih diem aja karena dompet memerintahkan seperti itu. Tapi beda lagi sama om-om yang di depan bangku saya. Dia mesen se-mangkuk mie rebus dan jus jambu. Karena pengen tau berapa harga makanan yang dia pesen, tentu saja saya nguping obrolan mereka.

Om-om: "(sambil liatin daftar menu makan) mbak, saya mau mesen mie rebus sama jus jambu."
Mbak-mbak: "(nyatet makanan yang dipesen dan nomor bangku om-om itu) Ok, pak. Tunggu sebentar."
Om-om: "berapa semuanya, mbak?"
Mbak-mbak: "Rp. 20.000 pak"
...........


Yupp.. saya kaget setengah kaget. Harga segitu bisa makan nasi padang dua bungkus plus minum air teh tawar anget. Spontan aja dompet saya langsung tereak2 ke saya, "JANGAN DAM!! JANGAN BELI MAKANAN ITU!! BISA MATI TERSESAT GAK BISA PULANG KAMU BEGOOOOO!!"

Gila, semua orang tercengang mendengar tereakan dari sesuatu yang ghaib itu. Pramugari terheran-heran. Penumpang yang lain terheran-heran. Masinis juga terheran-heran karena gajinya gak naek-naek. Saya sih juga jadi ikutan terheran-heran ngeliatin mereka terheran-heran, wong itu tereakan cuman ada di pikiran saya.

Setelah ngelewatin stasiun padalarang, kereta menuju sebuah terowongan yang puaaaaaannnnnjjjjaaaaanggggg banget. Lampu di gerbong kereta lansung nyala. Dan jreng.. masuklah kereta ke dalam terowongan. Suasana terowongan terasa gelap banget. Seakan-akan kita berada di dalam sebuah lorong waktu menuju masa depan. Di dalem terowongan terasa dingin banget. Beuh.. Brrr.

Kereta sudah sampe ke stasiun bandung. Dan langsung sms ke temen yang lagi kuliah disana. Well.. perjalanan sudah selesai.

Saya disana mengikuti diskusi mengenai "sisi gelap organisasi NII", jalan-jalan ke BIP, terus kemana lagi (gak tau nama tempatnya dan lupa), kenalan sama teman-teman yang kuliah di UNPAD, lalu bla..bla..bla...

Pas kenalan sama teman-teman di Unpad sana saya terlihat kayak orang yang benar culun plus nyerocos ngasal. Saya gak mau cerita disini. Beneran memalukan, tapi kalo diceritakan bisa lucu banget. Saya yang nginget-ngingetnya sekarang aja ketawa-ketawa.

Sudah begitu saja posting-an nya.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More